FKUB Bersama Eleman Masyarakat Hijaukan Pantai Ds Punjulharjo

Rembang,

Mengawali kegiatan usai dikukuhklan kepengerusannya beberapa hari yang lalu, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Rembang, menggelar aksi sosial. Melibatkan elemen masyarakat dan TNI serta anggota Polri, dilaksanakan penghijauan kawasan pesisir pantai Rembang, Minggu (23/1)
 
Sekertaris FKUB Rembang, Abdul Basitdh disela-sela kegiatan menerangkan, sedikitnya 400 orang terlibat upaya menghijaukan kawasan pesisir desa Punjulharjo Kecamatan Rembang. ”Terdiri pengurus dan anggota FKUB Rembang, Kodim 0720/Rembang, Polres Rembang dan elemen masyarakat lain,” tuturnya. 
Dia terangkan Abdul Basitdh, bibit penghijauan dua jenis yakni cemara udang dan cemara laut, dua spesies tanaman laut yang cocok ditanam di bibir pantai, untuk menahan abrasi.
”Asal bibit dari donatur yang juga merupakan salah satu tokoh FKUB propinsi Jawa tengah,” sebutnya.

Sementara itu dari Pemkab Rembang melalui Wakil Bupati Rembang H Abdul Hafidz yang berkenan hadir dan berpartsisipasi melakukan penanaman, menerangkan, cemara udang yang memang khas tanaman pantai merupakan alternatif selain bibit penghijauan tanaman mangrove. ”Cemara udang dan pantai memang hanya bisa tumbuh di bibir dan sedikit pinggir pantai. Sedangkan mangrove biasa ditanam di tengah laut,” ujarnya.

Menurut dia, Pemkab Rembang berharap agar wargasetempat bersedia merawat tanaman penghijauan ini agar tumbuh besar.
”Saat rindang nanti bisa juga menjadi wisata bahari alternatif, sehingga menarik minat wisatawan datang menikmati panorama pantai desa setempat,” cetusnya.
 Upaya penghijauan dengan menanam 1.000 bibit pohon cemara udang yang dilakukan hari Minggu itu di pantai desa Punjulharjo, dimungkinkan juga sebagai tahap awal menyiapkan penataan pantai apabila situs perahu kuno yang ditemukan di desa setempat selanjutnya dibangun menjadi kawasan museum alam bahari.